How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1 - Jumpa Jampi

How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1

Para pecinta One Piece segera merapat...


How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1

Pada bulan Maret 2022, permainan kartu One Piece baru diumumkan dan saat ini sedang dimainkan di Jepang dengan rencana rilis bahasa Inggris yang akan terjadi akhir tahun ini. Pada artikel ini, kita akan membahas cara memainkan permainan kartu One Piece yang baru. Dalam artikel ini, saya berencana mengajari Anda aturan dasar serta alur permainan secara keseluruhan. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memberikan semua informasi terkait yang Anda perlukan agar Anda dapat memulai perjalanan besar Anda dengan benar.

How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1
How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1

Jika Anda semua bersemangat untuk artikel ini, pastikan untuk meninggalkan suka, berlangganan, dan beri komentar di bawah tentang apa yang paling Anda sukai dari permainan kartu ini. Saya sendiri menyukai sistem pertarungan dalam game ini dengan betapa rumitnya sistem ini baik di awal pertarungan maupun di akhir pertarungan. Oleh karena itu, kami memiliki banyak peraturan yang harus diselesaikan dan tidak banyak waktu. Mari kita mulai.

Dalam keadaan utuh, tujuan setiap pemain adalah untuk menghapus semua nyawa pemimpin lawan dan kemudian memberikan satu pukulan terakhir untuk memenangkan permainan. Anda melakukan ini dengan menggunakan pemimpin Anda sendiri dan kru kartu karakter mereka untuk terus-menerus menyerang pemimpin lawan. Bagaimana kita membentuk kru karakter dan petualang yang kita gunakan untuk menghancurkan pertahanan lawan? Kita menggunakan kartu Dawn. 

Dawn adalah sumber daya utama yang kita gunakan untuk bermain game, mirip dengan Mana dari Magic. Dawn ditempatkan di area biaya di papan permainan dan harus diputar ke samping atau diistirahatkan untuk membayar biaya kartu.

Tidak seperti Magic the Gathering, kartu Dawn dijamin setiap giliran selama fase permainan tertentu. Pada giliran Anda, jika Anda ingin memainkan kartu, Anda membayar biayanya di pojok kiri atas dengan cara mengistirahatkan atau memutar ke samping sejumlah Dawn yang sesuai dari area biaya. Misalnya, misalkan saya mempunyai empat Dawn dan saya ingin memainkan Chopper dari tangan saya yang memiliki biaya permainan tiga. Saya cukup mengistirahatkan jumlah Dawn yang diperlukan dari area biaya lalu menempatkan Chopper saya di area karakter.

Terkadang kartu memiliki jenis biaya lain juga selain biaya bermain, dan yang paling membingungkan pasti adalah efek Don X dan Don dikurangi X. Don Efek X adalah efek yang dapat dibuka jika jumlah Dawn yang diperlukan ada di bawah kartu. Mari kita kembali ke contoh Chopper kita. Dia memiliki efek Dawn X1, yang jika saya ingin menggunakannya, saya harus terlebih dahulu menempatkan Dawn aktif dari area biaya di bawahnya. Dari sana, memahami efeknya sesederhana hanya membaca kartu. 

Don minus X efek diaktifkan ketika Anda mengembalikan jumlah Dawn yang diperlukan ke bagian bawah dek Dawn. Misalnya, promo Kaido memiliki aktivasi utama Don minus 2 efek yang memberinya kata kunci banish untuk giliran. Jika saya ingin menggunakan efek ini untuk mendapatkan kata kunci banish, saya harus terlebih dahulu mengambil dua kartu Dawn dari papan saya dan menempatkannya kembali di dek Dawn saya.

Untuk meletakkan semuanya lebih sederhana, semakin banyak Dawn yang Anda miliki, semakin banyak yang dapat Anda lakukan selama giliran Anda. Permainan One Piece dimainkan dengan dek utama 50 kartu, dek Dawn 10 kartu, dan kartu pemimpin. Semua kartu di dek utama Anda harus memiliki setidaknya satu warna yang sama dengan pemimpin Anda, dan Anda hanya dapat memiliki maksimal empat salinan dari setiap kartu bernomor unik. Selain itu, dek utama Anda terdiri dari kartu karakter, kartu acara, dan kartu tahap.

Kartu karakter adalah makhluk atau unit yang akan Anda gunakan untuk menyerang dan mempertahankan papan Anda. Semua kartu ini memiliki biaya permainan di sudut kiri atas yang menunjukkan berapa banyak Dawn yang Anda perlukan untuk beristirahat untuk memainkan kartu. Di sudut kanan atas, Anda dapat melihat seberapa besar kekuatan karakter individu, dan di tengah bawah kartu Anda dapat melihat nama serta warna kartu tersebut.

Kartu acara adalah semacam kartu penggunaan yang dapat Anda aktifkan selama fase utama giliran Anda dengan membayar biaya Dawn. Setelah efek selesai, kartu ini ditempatkan di tempat sampah, mirip dengan kartu tahap. Kartu tahap adalah kartu yang dapat Anda mainkan selama fase utama Anda, tetapi alih-alih pergi, kartu tersebut tetap berada di area panggung dan memiliki efek yang dapat digunakan kembali setiap giliran. Mulai saat ini, Anda hanya dapat memainkan satu kartu tahap dalam satu waktu.

Setiap kartu di dek utama Anda berpotensi memiliki efek pemicu. Efek ini dapat diaktifkan jika kartu tersebut ada dalam nyawa Anda ketika Anda menerima kerusakan dengan pemimpin Anda. Efek ini tidak dapat diaktifkan dari tangan Anda; efek ini hanya dapat digunakan ketika dinyatakan sebagai kerusakan nyawa. Jika Anda ingin mengaktifkan efek pemicu, Anda cukup mengungkapkan kartu yang dicentang kepada lawan saat Anda menerima kerusakan nyawa. Jika tidak, Anda cukup memasukkan kartu tersebut ke dalam tangan Anda.

Setiap permainan One Piece dimulai dengan kedua pemain mengocok dek utama mereka dan menempatkan dek Dawn dan kartu pemimpin di area masing-masing. Setelah Anda memutuskan siapa yang akan terlebih dahulu melalui Gunting Kertas Batu, Anda kemudian menggambar lima kartu pembuka. Jika tangan pembuka Anda adalah sesuatu yang tidak Anda sukai, Anda dapat memilih untuk Mulligan atau menggambar ulang jumlah kartu yang sama dengan mengambil tangan awal Anda, meletakkannya kembali di dek sambil mengocok dan kemudian menggambar lima kartu baru. Anda hanya dapat menggambar ulang tangan pembuka Anda sekali setiap permainan.

Setelah Anda memiliki tangan pembuka, Anda kemudian meletakkan kartu X teratas dari dek Anda menghadap ke bawah di area Kehidupan. X dilambangkan di sudut kanan bawah pemimpin Anda, inilah yang memberi tahu Anda berapa banyak nyawa yang Anda miliki di awal setiap permainan. Setelah Anda memiliki tangan pembuka dan nyawa Anda telah ditentukan, sekarang saatnya untuk memulai. Ada lima fase dalam permainan ini: fase penyegaran, fase pengundian, fase Don, fase utama, dan fase akhir.

Dalam permainan One Piece, mengistirahatkan karakter setara dengan menangguhkan atau mengetuknya di permainan kartu lain. Ini terjadi ketika Anda menyerang atau memblokir dengan kartu itu. Setelah diistirahatkan, kartu itu akan tetap dalam keadaan itu sampai fase penyegaran giliran Anda berikutnya. Selama fase penyegaran, semua kartu dimasukkan ke posisi aktif atau tegak sebelum fase permainan lainnya dapat dilanjutkan. Selama fase ini, setiap kartu Dawn yang diistirahatkan akan kembali ke area biaya dalam posisi aktif.

Setiap giliran setelah yang pertama, Anda akan menarik satu kartu dari atas dek Anda. Saat ini, tidak ada batasan tangan dalam permainan ini, tetapi jika dek Anda kehabisan kartu, Anda akan kalah dalam permainan, ini disebut decking. Setelah fase pengundian selesai, Anda pindah ke fase Don, di sinilah Anda mengaktifkan dua Dawn dan menempatkannya di area biaya setiap giliran. Untuk mengaktifkan Dawn, Anda cukup membalikkan kartu teratas dek Dawn Anda menghadap ke atas dan meletakkannya di area biaya untuk digunakan nanti. Pemain yang pergi lebih dulu hanya mendapat satu Dawn pada giliran pertama mereka, bukan dua.

Fase utama adalah tempat sebagian besar tindakan Anda akan terjadi. Selama fase ini, Anda dapat melakukan salah satu dari hal berikut sesuka Anda dalam urutan apa pun: Anda dapat memainkan kartu dari tangan Anda, menetapkan Dawn aktif ke karakter atau pemimpin yang Anda kendalikan, dan menyerang karakter lawan yang diistirahatkan atau kartu pemimpin mereka. 

Anda memainkan karakter langsung ke area karakter jika Anda mampu membayar biayanya dengan mengistirahatkan jumlah Dawn yang diperlukan dari area biaya Anda. Karakter tidak dapat menyerang pada giliran mereka dimainkan, dan setiap pemain hanya dapat memainkan maksimal 5 karakter dalam satu waktu. Jika Anda ingin memainkan karakter keenam, Anda harus memindahkan karakter yang ada yang Anda kendalikan ke tempat sampah terlebih dahulu.

Setelah Anda memainkan beberapa kartu dan memiliki sisa Dawn untuk digunakan, Anda dapat melakukan apa yang disebut menetapkan Dawn. Ini adalah di mana Anda mengambil Dawn yang aktif dari area biaya Anda dan meletakkannya di bawah salah satu kartu Anda. Melakukan ini akan menerapkan efek atau buff apa pun ke kartu yang Dawn-nya berada di bawahnya. Saat ini, satu-satunya efek yang tersedia adalah kekuatan plus 1000 selama giliran Anda, sehingga menetapkan Dawn bisa menjadi cara yang sangat membantu untuk membuat kru Anda lebih kuat sebelum mereka menyerang. 

Salah satu permainan favorit saya adalah mengambil semua Dawn yang saya punya, menempatkannya di bawah pemimpin saya, dan melakukan satu serangan raksasa yang tak terhentikan untuk memenangkan permainan. Sangat menyenangkan.

Baik pemimpin maupun kartu karakter Anda mampu menyerang pemimpin lawan terlepas dari posisinya, tetapi Anda hanya dapat menyerang karakter lawan jika mereka diistirahatkan. Anda dapat menyerang sebanyak yang Anda suka selama fase utama, dengan setiap serangan terjadi satu per satu. Saat Anda mendeklarasikan serangan, pertempuran akan berlangsung, dan selama pertempuran ada tiga sub langkah yang terjadi: langkah blok, langkah balasan, dan langkah kerusakan.

Langkah blok adalah di mana Anda dapat mengarahkan serangan apa pun yang dimaksudkan untuk satu karakter atau pemimpin ke pemblokir yang Anda miliki dalam permainan yang memiliki kemampuan pemblokir. Anda melakukan ini dengan meletakkan Pemblokir di area karakter Anda dan menjadikannya target serangan baru. Perhatikan bahwa karakter tersebut harus aktif untuk dapat memblokir, dan Anda hanya dapat memblokir satu kartu pada satu waktu. Setelah blok telah dideklarasikan atau dilewati, Anda masuk ke langkah balasan.

Langkah balasan, atau saya suka menyebutnya langkah pertahanan, adalah di mana pemain bertahan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan tempur krunya dengan menggunakan kartu di tangannya. Beberapa kartu mempunyai efek counter baik berupa stat di sisi kiri kartu maupun efek sebenarnya yang dapat dimainkan selama langkah ini. Jika Anda ingin menggunakan counter, Anda cukup meletakkannya di tempat sampah. Selama langkah balasan, Anda dapat menggunakan kartu sebanyak atau sesedikit yang Anda suka. Untuk menghitung daya counter, Anda cukup menjumlahkan jumlah total counter yang digunakan, kemudian menerapkan pada kekuatan kartu bertahan. 

Dalam contoh ini, Luffy memiliki kekuatan dasar 5000, dan saya menggunakan kekuatan counter senilai 3000, jadi di akhir langkah counter, Luffy memiliki total kekuatan 8000. Langkah counter hanya untuk orang yang diserang, bukan untuk orang yang menyerang. Jika Anda ingin membuat karakter Anda lebih kuat sebelum mereka menyerang, saya sarankan menggunakan Dawn.

Langkah kerusakan adalah langkah terakhir pertempuran, di mana kekuatan penyerang dan pembela dibandingkan. Jika kekuatan penyerang lebih kecil dari kekuatan pembela, penyerang kalah dalam pertempuran dan tidak terjadi apa-apa. Jika kekuatan penyerang lebih besar atau sama dengan kekuatan pembela, penyerang menang dan salah satu dari dua hal akan terjadi: jika kartu karakter diserang, maka akan KO dan ditempatkan di tempat sampah; jika pemimpin diserang, pembela melihat kartu teratas dari dek nyawa mereka dan menambahkannya ke tangan mereka. Seperti inilah bentuk kerusakan nyawa, dan sekali lagi efek pemicu apa pun akan terjadi di sini.

Banyak strategi dalam permainan One Piece adalah menguasai pertempuran, karena ini adalah cara termudah untuk kalah dalam kartu baik saat bermain atau di tangan. Jadi pastikan Anda tidak terlalu banyak membalas atau memblokir terlalu banyak, terkadang mengambil kartu nyawa gratis dan menambahkannya ke tangan Anda bisa menjadi hal yang baik. Setelah Anda melakukan semua yang ingin Anda lakukan selama fase utama, Anda cukup masuk ke fase akhir dan meneruskan giliran kembali ke lawan.

Untuk memenangkan permainan dan mengklaim satu bagian untuk diri Anda sendiri, Anda harus membersihkan nyawa lawan Anda dan memberikan satu pukulan terakhir untuk menghabisinya. Jika Anda ingin memainkan permainan kartu One Piece, ada aplikasi tutorial yang tersedia di App Store dan Google Play Store di mana Anda dapat menggunakan dek starter resmi dan melanjutkan semua peraturan yang kita lalui hari ini. Pastikan juga untuk memeriksa situs web resmi One Piece untuk buku peraturan bahasa Inggris lengkap serta Q&A yang sangat membantu. Tautan ke semua yang baru saja saya katakan ada di bawah ini.


Demikianlah penjelasan mengenai permainan kartu One Piece yang baru.






Belum ada Komentar untuk "How to Play the One Piece Card Game (TCG) Part 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel